Relaksasi Termudah Dan Termurah

Konon, relaksasi dapat mengubah stres menjadi gairah hidup. Contohnya adalah relaksasi pernafasan yang dapat dilakukan. Misalnya saat macet, ban mobil pecah di jalan yang ramai, tegang dan jenuh karena lama menunggu bus, atau jengkel karena harus menyelesaikan setumpuk pekerjaan.

Bagaimana caranya?

Duduklah dengan tegak, tetapi rileks. Tarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan-lahan, lebih baik dengan mata terpejam. Ulangi tiga-empat kali, atau lebih.

Setelah beberapa kali melakukan, seseorang akan mampu mengontrol pernafasannya. Kenali pola pernafasan Anda di saat stres, jengkel ataupun tegang. Semakin terampil merasakan aliran udara melalui saluran nafas, semakin mahir Anda dalam mengontrol pernafasan. Dengan demikian, Anda bisa mengubah suasana emosi menjadi lebih tenang dan rileks kapan saja. Dengan mengatur pola nafas, Anda akan menemukan celah untuk keluar dari keadaan yang paling menyesakkan sekalipun. Ruang hidup Anda makin meluas dan semangat hidup pun bertambah.

Logikanya, saat stres, tegang, atau emosi labil, pernafasan menjadi buruk, pendek, dan tersengal-sengal. Asupan oksigen ke paru-paru tidak kuat sehingga mempengaruhi kadar oksigen di dalam darah. Akibatnya, sel-sel tubuh, termasuk juga sel-sel otak, kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen di sel-sel otak akan mengacaukan aktivitas tubuh dan emosi. Dengan menarik nafas dalam-dalam, pasokan oksigen di tingkatkan untuk memenuhi kebutuhan sel-sel otak dan tubuh kita.

Ini merupakan metode relaksasi termudah dan murah karena kita bernafas sejak lahir, dan udara yang dibutuhkan pun tersedia di sekitar kita. Ada pendapat, latihan ini meningkatkan kebijaksanaan. Mungkin benar. Dengan latihan ini, kita dapat mengendalikan emosi dan menunda kemarahan. Selamat Mencoba Yach!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s